Jumat, 30 Januari 2009

Tips Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan

Untuk Sahabat ku Rosi...

MENJADI seorang ibu adalah impian semua wanita agar dinilai sempurna. Namun, ibu hamil juga harus mencapai impian tersebut dengan upaya keras. Caranya, memperhatikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh dan perkembangan janin, agar ibu dan bayi lahir dengan selamat.

Apa yang dipersiapkan pada masa awal kehamilan akan sangat berpengaruh pada kesehatan ibu dan bayi. Untuk itu diperlukan asupan nutrisi, vitamin, dan mineral yang cukup. Berikut ini beberapa tip yang harus diperhatikan ibu pada masa awal kehamilan, seperti dilansir dari Discovery Health, Kamis (28/1/2009).

Zinc
Dengan mengkonsumsi asupan zinc yang cukup, ibu hamil akan meningkatkan tingkat kekebalan janin dalam kandungan. Disarankan sedikitnya 15 miligram per hari untuk dikonsumsi, Anda bisa mendapatkan asupan zinc dari jenis makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging dan kacang.

Folic acid
Dengan mengkonsumsi cukup folic acid, akan sangat membantu tumbuh kembang dan mencegah bayi lahir cacat. Folic acid dapat ditemukan pada sayur-sayuran segar. Konsumsi zat ini sedikitnya 400 samopai 800 mikrogram per hari.

Magnesium
Manfaat magnesium adalah meningkatkan peredaran darah. Magnesium terdapat dalam kacang-kacangan dan sayuran. Konsumsi yang disarankan sebanyak 200 miligram setiap hari.

Vitamin B
Vitamin B berfungsi memberi energi dan membantu perkembangan mental bayi agar terhindari dari depresi. Dengan mengkonsumsi sebanyak 200 miligram per hari akan membuat tubuh ibu semakin bugar dan sehat, khususnya bagi ibu hamil yang menderita diabetes. Sedangkan untuk wanita yang baru pertama kali hamil, disarankan untuk mengonsumsi sedikitnya 25 sampai 50 miligram vitamin B dan vitamin B12 per hari.

Minyak ikan
Otak manusia sebagian besar terbentuk dari DHA. Dengan mengonsumsi DHA, maka perkembangan jaringan otak bayi akan terbentuk dengan sempurna. Anda bisa menemukan DHA dengan mengonsumsi sedikitnya satu sendok minyak ikan, dua kali sehari sehabis sarapan.

Kalsium
Secara ideal, wanita hamil harus mengonsumsi sedikitnya 1.500 miligram kalsium per hari. Sumber kalsium terdapat pada susu ataupun yogurt.

Air mineral
Saat hamil, tingkat volume darah pada wanita akan mengalami peningkatan sebanyak 30 persen. Untuk itu, diperlukan konsumsi air mineral yang cukup agar ibu tidak dehidrasi.

"Pastikan Anda sudah meminum air mineral, karena volume darah akan meningkat sekira 30 persen dan akan cepat membuat Anda dehidrasi. Jadi, ketika bibir Anda sudah terasa kering, segeralah minum air demi kesehatan Anda dan janin," ujar Dr Jacob Teitelbaum, Direktur Center of Annapolis for Effective CFS/Fibromyalgia Therapy.


Source: www.okezone.com

1 komentar:

  1. bagus sekali, artinya anda ini termasuk orang yang rajin sekali memperhatikan kuliah

    BalasHapus